Abstrak Int 2015 Arif

Nama

:

·     Arif Setiawan, S.Kom, M.Cs

·     Mustaqim

·     Ayu Nor Nofiana

SKIM Penelitian

:

Penelitian Perseorangan

Judul

:

Case Base Reasoning Untuk Menentukan Nominal Funding dan Paket Pinjaman

Abstract

:

Telah dikembangkan sebuah Case Base Reasoning untuk menentukan nominal funding dan paket pinjaman. Cesa Base Reasoning (CBR) ini adalah sistem yang dibuat untuk perusahaan jasa leasing yang bergerak dalam bidang pemberian kredit mobil. CBR ini terdiri dari bagian input, proses dan output, bagian input terdiri dari input khusus, adaptasi dan seting user, bagian proses terdiri dari perhitungan similirity dan pencarian khusus menggunakan indexing, bagian output berisi solusi kasus yang diinput ke sistem.

Tahapan proses dari sistem CBR ini adalah dari new case, retrieve, retrieve case, reuse, derived solution, revision and adaption, tested solution, saving, learned case, case library in knowledge base. Hasil dari penelitian ini adalah mendapatkan perhitungan similirity antara parameter dalam menentukan nominal funding dan paket pinjaman, menentukan adaptasi solusi problem baru,melakukan retrieval pada problem baru, menggunakan kembali kasus dan dicoba untuk menyelesaikan masalah, dan peninjauan kembali solusi yang diusulkan.

Pengaruh dari sistem Case Base Reason untuk menentukan nominal funding dan paket pinjaman terhadap objek penelitian agar dapat meningkatkan layanan publik dalam menganalisa nominal pencairan pinjaman pada saat masyarakat mengajukan pinjaman yang ada di perusahaan.

 

Kata Kunci:  Case Base Reason, nominal funding, paket pinjaman

 

Has developed a Case Base Reasoning to determine the nominal funding and loan package. Cesa Base Reasoning (CBR) is a system created for leasing services company that is engaged in the provision of car loans. CBR consists of the input, process and output, input section consists of a special input, adaptability and user settings, part of the process consists of calculating similirity and special searches using indexing, the output section contains a solution of cases inputted into the system.

Stages of the process of the CBR system is of a new case, retrieve, retrieve case, reuse, derived solution, revision and adaption, tested solution, saving, learned case, case libraries in the knowledge base. Results of this research is to get similirity calculation between parameters in determining the nominal funding and loan package, determine the adaptation of new problem solutions, perform retrieval on a new problem, reusing cases and try to solve the problem, and a review of the proposed solutions.

The effect of the Base Case Reason system to determine the nominal funding and loan package of the research object in order to improve public services in analyzing the nominal disbursement of the loan at the time people apply for loans in the company.


Keywords:  Case Base Reason, nominal funding,the loan package

 

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Pusat Studi

Pusat Studi UMKM
Pusat Studi Kretek
Pusat Studi Gender
Pusat Studi Pembangunan Daerah
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Sains dan Teknologi
Pusat Studi Kebudayaan
Pusat Studi Resolusi Konflik Perdagangan Internasional
Pusat Studi Sentra Haki

Links

Sim-Litabmas
Kopertis

Go to top