Abstrak Int 2015 Sumarwiyah

Nama

:

·     Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons

·     Yuni Ratnasari, S.Si, M.Pd

SKIM Penelitian

:

Penelitian Kelompok

Judul

:

Peningkatan Hasil Belajar Sains Melalui Model Pembelajaran Snowball Drilling dengan Teknik Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Gribig Kudus

Abstract

:

Tujuan penelitian yang dilakukan melalui model Snowball Drilling adalah 1) mendeskripsokan peningkatan hasil belajar siswa di SD Muhammadiyah Kudus dalam menggunakan model pembelajaran Snowball Drilling dengan teknik Bimbingan Kelompok Untuk 2) Mendeskripsikan peningkatan aktifitas guru dan aktifitas siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Snowball Drilling dengan teknik Bimbingan Kelompok 3) Mengatasi kesulitan siswa dengan Konseling Kelompok sesudah diberikan model pembelajaran Snowball Drilling  dengan teknik Bimbingan Kelompok.

Model Pembelajaran Snowball Drilling merupakan salah satu Model pembelajaran kooperatif yang sederhana. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Drilling ini memenihi beberapa kriteria pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan bermutu karena dalam proses pembelajaran menuntut kreatifitas dan efektifitas berpikir siswa sehingga dapatmeningkatkan daya serap siswa dalam mempelajari sains. Model Snowball Drilling lebih memfokuskan siswa sebagai subjek belajar dan memberi kesempatan yang lebih besar untuk mengkonstruksi pengetahuan melalui berbagai interaksi bain dengan guru maupun teman sendiri. Bimbingan Kelompok adalah suatu kegiatan kelompok dimana pimpinan kelompok menyediakan informasi-informasi dan mengarahkan diskusi agar anggota kelompok menjadi lebih sosial atau untuk membantu anggota-anggota kelompok untuk mencapai tujuan-tujuan bersama.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research dan memberikan konseling kelompok pada masalah siswa menggunakan teknik bimbingan kelompok. Menurut Arikunto (2007:105) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Muhammadiyah Gribig kecamatan Gribig kabupaten Kudus tahun pelajaran 20014/2015.jumlah siswa di SD Muhammadiyah Gribig sebanyak 25.

Berdasarkan hasil penelitian Pra Siklus Hasil Belajar siswa 10 siswa yang tuntas, 15 siswa tidak tuntas, nilai rata-rata kelas 61,25, siklus I jumlah jumlah siswa yang tuntas 19 dan yang tidak tuntas 6, nilai tertinggi 89 dan terendah 45 sedangkan nilai rata-rata kelas menjadi 70,28. Siklus II jumlah siswa yang tuntas 20, tidak tuntas 5 nilai tertinggi 95 dan terendah 62, nilai rata-rata kelas 74,6. Peningkatan aktifitas memperoleh jumlah skor 56 dengan presentase 70% dalam kategori baik. Pada siklus II aktifitas guru memperoleh jumlah skor 72 dengan dengan persentase 90% dalam kategori sangat baik. Peningkatan aktifitas siswa pada siklus I diperoleh jumlah skor rata-rata 49,5 dengan rata skor 1,98 pada interval 1,75 ≤ skor rata-rata < 2,5 dengan ketegori cukup. Pada siklus II diperoleh jumlah skor rata-rata 68,4 dengan rata-rata skor 2,74 pada interval 2,5. ≤ skor rata-rata < 3,25 dengan kategori baik. Kesulitan siswa dapat diselesaikan setelah diberikan model pembelajaran Snowball Drilling dengna teknik bimbingan kelompok. Kesulitan mulai pra siklus 10 menurun menjadi 6 orang pada diklus I dan menjadi 5 orang pada siklus II. Terdapat 5 siswa yang masih belum tuntas namun hasih belajar mereka sudah meningkat mendekati KKM.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Drilling, Teknik Bimbingan Kelompok,

Hasil Belajar

 

The aim of research conducted through the model Snowball Drilling is 1) describe improving student learning outcomes in SD Muhammadiyah Kudus in using learning model Snowball Drilling techniques Guidance Group To 2) Describe the increased activity of the teacher and student activity after using model Snowball Drilling techniques Guidance Group 3) Overcome the difficulty students with group counseling is given after learning model Snowball Drilling techniques Guidance Group.

Drilling Snowball Learning Model is a simple model of cooperative learning. Application of Learning Model Drilling Snowball is memenihi several criteria of active learning, effective, efficient and quality as in the learning process requires creativity and effectiveness of thinking students so dapatmeningkatkan absorption students in learning science. Drilling Snowball models focus more students as a subject of study and provide greater opportunities to construct knowledge through interaction with teachers and friends bain own. Guidance Group is a group activity in which the leadership of the group to provide information and guide the discussion so that members of the group to be more socially or to assist members of the group to achieve common goals.

The design used in this research is the design of classroom action research (PTK) or Classroom Action Research and counseling groups on the issue of students using group counseling techniques. According Arikunto (2007: 105) Action Research (PTK) The subjects were students of class VI in SD Muhammadiyah Kudus district Gribig Gribig districts in the academic year 20014 / 2015.jumlah students in SD Muhammadiyah Gribig as many as 25.

Based on the research Pre Cycle learning outcomes of students 10 students who completed, 15 students are not completed, the average value of class 61.25, the first cycle number of the number of students who completed 19 and incomplete 6, the highest value and the lowest 89 45 while the average value -rata class into 70.28. Cycle II, the number of students who complete 20 incomplete 5 highest value and lowest 95 62, the average value of 74.6 class. Increased activity to obtain a total score of 56 with a percentage of 70% in both categories. In the second cycle activities of teachers to obtain a total score of 72 with the percentage of 90% in the excellent category. Increased activity in the first cycle of students obtained an average total score of 49.5 with a mean score of 1.98 at intervals of 1.75 ≤ average score <2.5 with enough categories. In the second cycle obtained an average total score of 68.4 with an average score of 2.74 at intervals of 2.5. ≤ average score of <3.25 in both categories. Student difficulties can be resolved after being given a learning model Snowball Drilling dengna group counseling techniques. Difficulties began pre-cycle 10 decreased to 6 people in diklus I and to 5 people on the second cycle. There are five students who are still unresolved, but has yet to learn they already increased approached KKM.


Keywords: Learning Model Snowball Drilling, Engineering Guidance Group,

Learning Outcomes

 

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Pusat Studi

Pusat Studi UMKM
Pusat Studi Kretek
Pusat Studi Gender
Pusat Studi Pembangunan Daerah
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Sains dan Teknologi
Pusat Studi Kebudayaan
Pusat Studi Resolusi Konflik Perdagangan Internasional
Pusat Studi Sentra Haki

Links

Sim-Litabmas
Kopertis

Go to top