Abstrak Int 2015 Eka Z

Nama

:

Eka Zuliana, S. Pd., M. Pd

SKIM Penelitian

:

Penelitian Perseorangan

Judul

:

PengaruhModelProblemBasedLearningBerbantuanKartuMasalahTerhadapKemampuanPemecahanMasalahMatematikaSiswaSekolahDasar

Abstract

:

Masalah penelitian adalah: (1) Apakah ada pengaruh positif pembelajaran dengan model PBL berbantuan kartu masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD, (2) Apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan model PBL berbantuan kartu masalah memenuhi Kriteria Ketuntasan.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD di kabupaten Demak tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 62 yang terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan lembar observasi aktivitas belajar matematika siswa menggunakan model PBL berbantuan kartu masalah.

Analisis data awal diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitasbelajarmatematikasiswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model PBL berbantuan kartu masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar.Rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model PBL berbantuan kartu masalah juga memenuhi kriteria ketuntasan belajar.

Kata kunci: Problem Based Learning, Kartu Masalah, Kemampuan Pemecahan   Masalah Matematika

The research problems are: (1) Is there a positive influence on learning with PBL-aided model of the card to the problems of mathematical problem-solving skills of elementary school students, (2) Is mathematics learning outcomes of students who take mathematics learning with PBL-aided model of the card meets the criteria completeness problem.

This research was an experimental research. The population of research was the fifth grade elementary school students in Demak district in the academic year 2012/2013. The sampling technique is done by cluster random sampling. Samples numbered 62 consisting of the experimental group and the control group. The instrument used to collect data is the test instrument mathematical problem solving skills and observation sheets mathematics learning activities using the card-aided model of PBL problems.

Analysis of preliminary data obtained samples come from normal distribution and homogenous population. The results showed that students' mathematics learning activities in mathematics using card-aided model of PBL positive effect on the problem of mathematical problem solving ability of primary school students. The average student learning outcomes in mathematics using a model-assisted PBL issue cards also meet the criteria of mastery learning.


Keywords: Problem Based Learning, Card Problem, Capabilities to Solve Math

Problems

 

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Pusat Studi

Pusat Studi UMKM
Pusat Studi Kretek
Pusat Studi Gender
Pusat Studi Pembangunan Daerah
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Sains dan Teknologi
Pusat Studi Kebudayaan
Pusat Studi Resolusi Konflik Perdagangan Internasional
Pusat Studi Sentra Haki

Links

Sim-Litabmas
Kopertis

Go to top