Lembaga Penelitian UMK

A.    Visi

Lembaga Penelitian akan menjadi lembaga yang berpartisipasi dan berkontribusi melalui penelitian dan diseminasi hasil – hasilnya bagi  penyelesaian permasalahan masyarakat dan menjawab kebutuhan pembangunan daerah dan pusat (nasional)  berbasis pengembangan ipteks dengan berpegang pada nilai-nilai pancasila melalui hasil penelitian baik dasar maupun terapan.

 

B.       Misi:

1.    Mengembangkan sumberdaya dosen dan mahasiswa secara optimal untuk melakukan penelitian

2.    Mengembangkan  penelitian dasar dan terapan dan hasil-hasilnya

3.    Pengembangan ipteks untuk pengembangan ekonomi lokal (PEL)yang berorientasi global.

4.    Menjunjung tinggi azas penelitian, integritas, kejujuran serta entrepreuneurship sebagai peneliti.

 

C.    Tujuan

1.      Meningkatkan  produktivitas dosen dan mahasiswa dalam  suatu budaya meneliti yang sehat dan berdedikasi.

2.      Meningkatkan kemauan dosen dan mahasiswa peneliti untuk merespon secara aktif, kreatif dan inovatif perkembangan ipteks.

3.      Meningkatkan perspektif dan  jangkauan wilayah ilmu pengetahuan dan topik penelitian  untuk menjawab tuntutan pembangunan.

4.      Meningkatkan kesadaran tentang orisinalitas hasil penelitian yang menghormati hak kekayaan  intelektual 

                   5.      Meningkatkan  publikasi serta diseminasi hasil penelitian berbasis IT .

 

D.      Pembagian Tugas dan Wewenang

Kepala Lembaga dibantu oleh Tim Ahli dan Reviwer. Hubungan bersifat konsultatif  dan Koordinatif.  Operasional pengelolaan lembaga saat ini dibantu oleh 4 orang sebagai tenaga operasional simlitabmas, pengelola jurnal, bagian administrasi dan keuangan serta pengelola badan penerbit. Dalam bekerja bertanggung jawab kepada  Kepala Lembaga Penelitian. Selanjutnya Kepala Lembaga Penelitian bertanggung jawab kepada Wakil Rertor Bidang Akademik (WR IV).  Tugas pokok  masing-masing personil tersebut adalah :

1.      Kepala Lembaga Penelitian :

a.       Mengkoordinasikan, mengendalikan dan mengendalikan kegiatan penelitian dan publikasi (penerbitan jurnal dan buku) serta  kegiatan lain yang mendukung dan terkait.

b.      Meneruskan informasi dan kebijakan pimpinan UMK yang terkait dengan kegiatan penelitian,  kegiatan yang mendukung dan terkait dengan penelitian dan publikasinya sesuai dengan kepentingan para peneliti dan kewenangan Ka Lemlit.

c.       Memfasilitasi dan memediasi para dosen (peneliti) dengan pimpinan (lembaga) UMK melalui penyediaan dana yang bersumber dan sesuai dengan APB UMK  untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuannya menyusun proposal, melaksanakan penelitian, monitoring dan evaluasi serta pelaporan dalam berbagai bentuk seperti pelatihan, worskshop, seminar, dll.

d.       Mengkoordinasikan dan bertanggung jawab kepada pemberi dana ( DP2M, Kopertis, Ristek, Pemda dan stake holder lainnya) mewakili UMK untuk kegiatan penelitian yang dilakukan secara kelembagaan dan melibatkan Lembaga Penelitian UMK.

e.       Melakukan inisiasi, merespon dan mengengembangkan kerjasama dengan stakeholder dalam berbagai bentuk kegiatan yang berbasis penelitian dan atau publikasi karya ilmiah.

f.       Mengarahkan dan mendorong Dosen (peneliti) untuk mengembangkan kepakaran melalui media pusat studi.

g.      Mengembangkan pusat studi yang ada di UMK baik kelembagaan, jejaring maupun produktivitas (jumlah dan kualitas) hasil penelitian dan publikasi  dosen (peneliti). 

 

2.        Operator Simlibtabmas

Tugas utama Operator Simlitabmas adalah membantu Kepala Lembaga Penelitian dalam hal mengelola, mendampingi dan memfasilitasi dosen dan mahasiswa dalam pengajuan proposal, pelaksanaan monitoring,  pelaporan dan publikasi yang terhubung pada sistem informasi dan administrasi penelitian ( SIMLITABMAS) di Dirjen Dikti, DP2M secara online.

 

Mengirformasikan, dan mengkomunikasikan permasalahan yang dihadapi dosen dan mahasiswa peneliti yang terkait pelaksanaan penelitian yang menggunakan dana dari pemerintah melalui Dirjen Dikti, DP2M Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

 

Meneruskan kepada Dosen dan mahasiswa peneliti informasi terkait dengan kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan penelitian dari DP2M .

 

3.      Pengelola Jurnal

Pengelola Jurnal sebagai bagian dari publikasi internal UMK atas hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Dosen dan Mahasiswa oleh masing-masing pusat studi. Saat ini jurnal baru terdiri dari 2 buah yaitu Sain Teknologi dan Sosial Budaya. Kedepan akan terdiri dari Sembilan (9) buah  jurnal sesuai dengan pusat studi yang ada di UMK. Peneliti di UMK juga didorong untuk mempublikasikan penelitian dan karya lainnya kejurnal yang diterbitkan oleh institusi/Perguruan Tinggi lain baik bertaraf nasional maupun internasional.

 

4.      Administrasi dan Keuangan

Seluruh administrasi mendukung operasional dan pekerjaan pelayanan kepada dosen dan mahasiswa dalam seluruh proses dan tahapan kegiatan penelitian dan publikasinya. Administrasi dilakukan dengan  mengintegrasikan fungsi dokumentasi kegiatan dosen dan mahasiswa untuk keperluan penelitian atau penugasan yang terkait dengan upaya peningkatan kuantitas dan kualitas dosen dan mahasiswa peneliti baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

Kegiatan pendukung  dan terkait dengan penelitian, meliputi  pengiriman dosen pada kegiatan pelatihan untuk peningkatankemampuan dan kapasitas peneliti dan penulisan karya ilmiah (jurnal; buku; proceeding dll) baik yang diadakan   oleh internal UMK dan atau yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian. Selain itu kegiatan yang diadakan oleh Kopertis Wilayah VI Jateng maupun Dirjen Dikti, DP2M.

 

Cakupan pekerjaan mencakup penerbitan surat tugas Lembaga Penelitian, pengajuan surat tuga Universitas Muria Kudus, kontrak penelitian, dokumentasi semua bukti fisik (proposal dan laporan penelitian). Mencairkan dana penelitian eksternal bersama Kepala Lemlit untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan kegiatan penunjangnya;  dan menyusun Laporan Pertanggung Jawaban keuangan lembaga sesuai peraturan yang ada.

 

5.    Pengelola Badan Penerbit.

Badan Penerbit UMK merupakan lembaga baru yang khusus mengurus penerbitan dosen dan mahasiswa yang bersumber dari hasil penelitian dan atau merupakan kajian pustaka, hasil ide  atau karya ilmiah lainnya.

Kedepan diharapkan Badan Penerbit menjadi salah satu unit bisnis di Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus, dengan cakupan pekerjaan percetakan, pengurusan ISBN dan distribusi buku atau proceeding dosen dan mahasiswa.

E.     Hak dan Kewajiban Dosen

1.      Hak Dosen Dalam Kegiatan Penelitian

a.    Mendapatkan  dana  dan  melakukan  kegiatan penelitian baik dari sumberdana internal  maupun eksternal, sesuai dengan peraturan dan persyaratan serta mekanisme yang telah ditetapkan.

b.    Mendapat penghargaan dalam bentuk pengakuan beban tugas dalam bentuk satuan kredit semester (sks) atau insentif lain sesuai aturan yang berlaku.

2.      Kewajiban Dosen dalam kegiatan penelitian

Setiap dosen berkewajiban untuk melakukan kegiatan penelitian (sebagai ketua atau anggota) minimal satu kali dalam setahun. Kegiatan penelitian dilakukan oleh dosen dan mahasiswa sebagai bagian dari Tri Darma yang tidak terpisahkan satu dengan lainnya. Sebagai tugas yang tidak harus dilakukan  secara individuatau berkelompok

3.      Beban Tugas

Tugas dosen dalam bidang penelitian yang menggunakan dana internal UMK disetarakan dengan beban tugas sebagai berikut :

a.    2  sks  untuk  tiap  judul  penelitian mandiri, untuk penelitian kelompok  proporsional 60 % ketua dan 40 % anggota. Jumlah anggota akan menentukan beban yang ditentukan dari porsi 40 % tersebut.

b.    Publikasi, (Koran , pemateri seminar, jurnal dan buku ) menyesuaikan dengan peraturan akademik standar nasional dan atau internasional.

 

Pelaksanaan penelitian harus mengacu pada penciri UMK yaitu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Kretek, bersifat multidisipliner dan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

a.       Mendapat persetujuan Dekan atau Ketua Program Pasca Sarjanadalam bentuk format pengesahan proposal.

b.      Menyerahkan proposal kepada Lembaga Penelitian  untuk direviewoleh reviewer yang ditetapkan oleh UMK dengan Surat Keputusan Rektor.

c.       Mendapat persetujuan Rektorapabila direkomendasikan oleh reviewer.

d.      Mendapatkan surat tugas dari Ka Lemlit dan menandatangani  Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitiandan melaksanakan penelitian dengan alokasi dana 70 % dari anggaran yang disetujui dan direkomendasikan oleh reviewer.

e.       Mengikuti jadwal  proses monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian.

f.       Menyerahkan laporan, mempresentasikan laporan hasil penelitian dalam acara diseminasi hasil penelitian, melakukan publikasi hasil penelitian dalam berbagai bentuk melalui media yang disediakan oleh Lembaga Penelitian UMK atau PT lain baik dalam maupun luar negeri.

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 24%
Warna - 18%
Menu - 16%
Tata Letak - 32%
Tidak Ada - 10%

Total votes: 50

Pengunjung

00303429
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
138
173
724
302061
2915
3776
303429

IP: 54.196.127.107
Jam Server: 2017-11-22 17:45:23

Kami memiliki 24 tamu online

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Galeri Lemlit


Pusat Studi

Pusat Studi UMKM
Pusat Studi Kretek
Pusat Studi Gender
Pusat Studi Pembangunan Daerah
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Sains dan Teknologi
Pusat Studi Kebudayaan
Pusat Studi Resolusi Konflik Perdagangan Internasional
Pusat Studi Sentra Haki

Links

Sim-Litabmas
Kopertis

Go to top